Seni Janengan Pada Acara Khitanan Di Muktisari - Wara-wiri Kebumen Selamat datang di website wara-wiri Kebumen, website yang menyajikan berita dan informasi serta isu-isu lokal seputar Kebumen
Affiliate Banner Unlimited Hosting Indonesia 88cc4a7ba1a87bee822d962b6e1510f3
Selamat datang di website wara-wiri Kebumen, website yang menyajikan berita dan informasi serta isu-isu lokal seputar Kebumen

Seni Janengan Pada Acara Khitanan Di Muktisari

Kebumen (www.wara-wirikebumen.com)-Janengan merupakan salah satu seni tradisi dengan jenis genre Sholawat yang tumbuh dan berkembang di Kebumen. Sebagian masyarakat Kebumen menyebutnya dengan shalawat Jamjaneng, sebagian lain menyebutnya dengan janengan.
janengan merupakan warisan tradisi Islam yang diwariskan oleh nenek moyang sejak masa awal perkembangan Islam. 

Bentuk lagu Janengan memadukan musik Jawa dan syi’iran (singiran). Dalam Janengan lagu syi’iran terdiri dari shalawat dan syi’ir jawa.

Untuk alat musik janeng terdiri dari Kemeng,Ukel,Gong,Kendang. 
 jenis alat musik ritmis dengan teknik bermain dipukul dengan tangan atau kayu.

Kandungan lagu janengan berupa sholawat yang dikombinasikan dengan syair. Oleh karena itu sebagian masyarakat menyebutnya dengan shalawat Janengan. 

Kesenian Janengan ini sering digunakan sebagai sarana hiburan di acara khitanan (hajatan), ataupun dijadikan sebagai hiburan untuk menyambut tamu-tamu yang di istimewakan. Seperti halnya seni Janengan yang digelar pada acara khitanan di muktisari ini. 


Iklan Tengah Artikel 1

images-2022-06-04-T133151-138

Produk Shopee paling murah 👇

Iklan Bawah Artikel

Affiliate Banner Unlimited Hosting Indonesia