Polres Kebumen Musnahkan Ribuan Botol Miras dan Puluhan Kilo Obat Petasan - Wara-wiri Kebumen Selamat datang di website wara-wiri Kebumen, website yang menyajikan berita dan informasi serta isu-isu lokal seputar Kebumen
Affiliate Banner Unlimited Hosting Indonesia 88cc4a7ba1a87bee822d962b6e1510f3
Selamat datang di website wara-wiri Kebumen, website yang menyajikan berita dan informasi serta isu-isu lokal seputar Kebumen

Polres Kebumen Musnahkan Ribuan Botol Miras dan Puluhan Kilo Obat Petasan

Ribuan Botol Miras dan Puluhan Kilo Obat Petasan dimusnahkan Polres Kebumen. Barang terlarang tersebut merupakan hasil operasi Kegiatan Rutin yang Ditingkatkan (KRYD) dalam rangka cipta kondisi Bulan Ramadhan dan jelang lebaran Idul Fitri 1443 H.

Kegiatan dilakukan usai menggelar apel gelar pasukan Operasi Ketupat 2022, di Pendopo Kabumian, Jumat 22 April 2022. Pemusnahan barang bukti diawali dengan penandatanganan berita acara pemusnahan yang dilakukan oleh Bupati Kebumen Arif Sugiyanto, Dandim 0709 Kebumen Letkol Inf Eduar Hendri, Kapolres Kebumen AKBP Piter Yanottama dan Kajari Kebumen Fajar Sukristiawan.

Dikutip dari kebumen24, Kapolres Kebumen AKBP Piter Yanottama menjelaskan, barang bukti yang dimusnahkan terdiri dari 2.286 botol Miras berbagai merk, 756 liter miras oplosan, dan 61 Kg serbuk petasan serta 29 petasan berbagai ukuran. KRYD dilakukan dalam rangka cipta kondisi menjelang Operasi Ketupat dengan sasaran distribusi sembako, penyakit masyarakat, minuman keras, judi, prostitusi, narkoba, petasan serta balon udara yang berpotensi mengganggu penerbangan.

“KRYD digelar selama dua minggu, sekaligus sebagai cipta kondisi sebelum Operasi Ketupat Candi. Ini tentunya keberhasilan kita bersama di lapangan, sinergitas bersama dengan TNI, Satpol PP serta instansi terkait,” jelas AKBP Piter.

Sementara itu, Bupati menyambut baik upaya Polres dalam melakukan cipta kondisi dengan menyita dan memusnahkan ribuan minuman keras (miras) serta puluhan kilo bahan petasan tersebut. Menurutnya, barang tersebut sangat membahayakan masyarakat, terlebih di tahun lalu telah terjadi tragedi petasan yang menewaskan 4 orang di Mirit.

“Kita cukup prihatin masih menemukan bahan petasan di Kebumen, dan Polres Kebumen alhamdulillah berhasil menyita 61 kilo bahan petasan. Kita harus paham betul tahun lalu malam lebaran, ada empat meninggal karena petasan. Tahun ini jangan sampai terulang lagi, bagi yang masih menemukan bisa langsung melaporkan ke kepolisian,” tandasnya.

Ketua Pengurus Cabang Rabithah Ma’ahid Islamiyah (PC RMI) NU Kabupaten Kebumen Gus Fachrudin Achmad Nawawi selaku tokoh agama turut mengapresiasi kegiatan cipta kondisi yang dilakukan oleh Polres. Terutama dalam hal pemusnahan Miras.

“Kami mengapresiasi apa yang dilakukan Polres Kebumen dalam upaya menciptakan keamanan dan ketertiban masyarakat jelang lebaran. Kita tahu miras ini adalah sesuatu hal yang negatif yang bisa menimbulkan prilaku kriminal. Saya harap kegiatan seperti ini terus ditingkatkan oleh Polres, sehingga Kebumen selalu kondusif,” tandasnya. 

Iklan Tengah Artikel 1

images-2022-06-04-T133151-138

Produk Shopee paling murah 👇

Iklan Bawah Artikel

Affiliate Banner Unlimited Hosting Indonesia