Jelang Ramadhan,Waspada Petasan! Bahaya - Wara-wiri Kebumen Selamat datang di website wara-wiri Kebumen, website yang menyajikan berita dan informasi serta isu-isu lokal seputar Kebumen
Affiliate Banner Unlimited Hosting Indonesia 88cc4a7ba1a87bee822d962b6e1510f3
Selamat datang di website wara-wiri Kebumen, website yang menyajikan berita dan informasi serta isu-isu lokal seputar Kebumen

Jelang Ramadhan,Waspada Petasan! Bahaya

Menjelang Ramadhan, masyarakat sudah dihebohkan dengan adanya berita ledakan yang  menewaskan 4 orang dan menghancurkan  puluhan rumah di Blitar Jawa Timur. Ledakan tersebut diduga berasal dari petasan.


Meskipun hal semacam ini sudah berkali-kali terjadi, nyatanya tidak membuat masyarakat takut. Mereka masih menganggap petasan sebagai bagian dari cara merayakan hari-hari besar.

Kegemaran masyarakat untuk menyalakan petasan tanpa menghiraukan risikonya dipengaruhi oleh budaya pop. Petasan mempunyai karakteristik murah dan menyenangkan serta mudah untuk didapat. Masyarakat menyalakan petasan sebagai bentuk luapan kebahagiaan atas hari-hari besar.

Perasaan senang yang didapat serta menyalakan petasan yang termasuk budaya populer menyebabkan masyarakat abai terhadap bahaya yang mengintai.

Petasan berpotensi menyebabkan banyak hal. Di antaranya :

Kebakaran

Luka bakar

Polusi suara

Polusi udara

Dan juga dapat memicu stress pada hewan.


Bunyinya yang keras juga sangat berpotensi menyebabkan trauma pada anak, gangguan pada pendengaran.

Apa yang telah terjadi akibat petasan hendaknya menjadi pembelajaran untuk masyarakat agar lebih bijak dalam memilih permainan dan kegiatan untuk mengekspresikan kebahagiaan.


Iklan Tengah Artikel 1

images-2022-06-04-T133151-138

Produk Shopee paling murah 👇

Iklan Bawah Artikel

Affiliate Banner Unlimited Hosting Indonesia