Kebumen Unik, Tugu Lawet Icon Kota Kebumen, Wong Ngapak Wajib Tau - Wara-wiri Kebumen Selamat datang di website wara-wiri Kebumen, website yang menyajikan berita dan informasi serta isu-isu lokal seputar Kebumen
Affiliate Banner Unlimited Hosting Indonesia 88cc4a7ba1a87bee822d962b6e1510f3
Selamat datang di website wara-wiri Kebumen, website yang menyajikan berita dan informasi serta isu-isu lokal seputar Kebumen

Kebumen Unik, Tugu Lawet Icon Kota Kebumen, Wong Ngapak Wajib Tau


Hampir setiap kota di Indonesia memiliki tugu yang menjadi ikon. Salah satunya Tugu lawet kebumen.

Tugu Lawet, sang icon kota Kebumen Jawa Tengah. Tugu ini sangat mudah kita jumpai jika kalian berkunjung ke Kota Kebumen. Tugu yang memiliki ketinggian 15 meter ini berada di Simpang 4 Pusat Kota Kebumen. Tugu Lawet terdapat beberapa Patung Orang dan Burung Lawet.

Sarang Lawet atau Walet adalah produk andalan Kebumen dari masa ke masa. Sarang burung ini dipanen dari gua di pesisir selatan Kebumen yang dinamakan gua karang bolong.


Kebumen dikenal dengan julukan kota lawet ini berada di sebuah kabupaten yang terletak di provinsi Jawa Tengah. Nama Kebumen berasal dari kebumian berarti tempat tinggal Kiai Bumi.

Kebumen memiliki banyak tempat wisata alam dengan keindahannya dan keanekaragaman makanan khas yang unik dan lezat sehingga wajib untuk dikunjungi.

Kota kebumen ini juga sering dijuluki dengan kota Ngapak,ora ngapak ora kepenak. Karena bahasa yang digunakan ialah bahasa Ngapak. Selain dari keunikan bahasa yang digunakan, kebumen ini memiliki keunikan lainya antara lain:

Dikenal Dengan Sebutan Kota Lawet.

Lambang dari kota ini ialah burung walet atau lawet yang merupakan jenis burung dengan ukuran kecil, berwarna gelap, mata bulat, dan memiliki kecepatan terbang. Burung ini juga menyukai tempat gelap dan lembab seperti gua. Keberadaan tugu ini berkaitan dengan potensi yang dimiliki kabupaten Kebumen yaitu penghasil sarang walet terbaik.

Tugu tersebut dibuat untuk menggambarkan perjuangan para pengunduh sarang burung walet digua pada tebing karang di pesisir pantai selatan Kebumen, yang penuh tantangan dan risiko untuk mengambilnya.

Destinasi Wisata Menarik.

Kebumen mempunyai sejumlah wisata yang dapat dikunjungi, salah satunya adalah wisata alamnya pantai menganti. Pantai Menganti terkenal karena keindahan alam dan kejernihan lautnya. Keindahan pantai ini menempati salah satu pantai terindah di Provinsi Jawa Tengah. Bahkan, keindahan pantai dapat disejajarkan dengan keindahan pantai yang ada di Selandia Baru.

Makanan Khas Kebumen.

Makanan khas dari kota kebumen adalah sate Ambal. Sate tersebut terbuat dari ayam kampung yang berasal dari kecamatan Ambal, Kebumen. Warna dari bumbu sate ini adalah kuning kecokelatan. Yang membuat sate ini unik ialah bumbu sate yang dicampuri oleh tempe rebus lalu dihancurkan hingga halus sehingga menambah cita rasa yang begitu lezat.

Penghasil Gendeng Soka.

Gendeng atau genteng biasa digunakan untuk atap rumah dengan berbahan dasar dari tanah lempung, genteng ini banyak diproduksi di daerah Pejagoan, Kebumen. Untuk membuat gendeng ini dengan melalui proses yang sangat panjang. Mulai dengan pengambilan tanah lempung yang berkualitas, penggilingan, pencetakan, pengisian, penjemuran, dan penyortiran.




Iklan Tengah Artikel 1

images-2022-06-04-T133151-138

Produk Shopee paling murah 👇

Iklan Bawah Artikel

Affiliate Banner Unlimited Hosting Indonesia