Pantai Pandan Kuning Petanahan Kebumen - Wara-wiri Kebumen Selamat datang di website wara-wiri Kebumen, website yang menyajikan berita dan informasi serta isu-isu lokal seputar Kebumen
Affiliate Banner Unlimited Hosting Indonesia 88cc4a7ba1a87bee822d962b6e1510f3
Selamat datang di website wara-wiri Kebumen, website yang menyajikan berita dan informasi serta isu-isu lokal seputar Kebumen

Pantai Pandan Kuning Petanahan Kebumen


Pandang Kuning bagi sebagian masyarakat Wilayah Kebumen nama yang tidak asing terdengar di telinga. Karena nama tersebut selalu dihubung-hubungkan dengan Pantai Petanahan yang merupakan gerbang menuju istana alam ghaib di Laut Selatan yang dikuasai oleh seorang ratu yaitu Nyi Roro Kidul.


Pandan Kuning adalah salah satu tempat wisata spiritual yang paling terkenal di Kebumen. Menurut cerita turun temurun yang pernah tersebar, konon Pandan Kuning adalah tempat mengikatnya Dewi Sulastri istri dari Raden Sujono yang didusta oleh raden Jaka Puring pada sebuah pohon pandan.


Karena kesetiaan dewi Sulastri kepada sang suami, pohon pandan tempat mengikatnya berubah warna menjadi Kuning. Lalu datanglah Nyai Roro Kidul memberi wangsit, bahwa barang siapa orang yang sedang susah hatinya lalu bertapa/menyepi di Pandan Kuning, maka dengan seijin hyang Widi si orang tersebut akan diberi Kemudahan. 


Iklan Tengah Artikel 1

images-2022-06-04-T133151-138

Produk Shopee paling murah 👇

Iklan Bawah Artikel

Affiliate Banner Unlimited Hosting Indonesia